Monday, January 14, 2019

TUGAS KELOMPOK 7 SEJPEM


Tugas Kelompok 7 tentang perlawanan bangsa Indonesia terhadap kolonialisme dan imperialisme pada aspek sosial budaya dan pendidikan
https://youtu.be/ZcKCtEIB8f8

51 comments:

  1. pagi, saya jasmine maritza.
    dari video ini resolusi nya sudah bagus dan suara nya sudah terdengar.
    untuk pertanyaannya untuk alex sandros adalah apakah yang membuat gerakan mesianisme ini bersandar pada kekuatan gaib yang dimiliki oleh sang pemimpinnya?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Jasmine, saya akan menjawab pertanyaan dari anda.
      Pada zaman penjajahan Belanda sebelum tahun 1908, Bangsa Indonesia perlawanannya masih bersifat kedaerahan dan terpaku dengan 1 pemimpin dimana pemimpin ini dipilih berdasarkan dari kekuatannya, karena pada zaman itu masih di pengaruhi oleh hal-hal mistis terutama pada ajaran Islam dan Bangsa Indonesia masih berpikir dengan melawan penjajah menggunakan kekuatan gaib sangat efektif dan ampuh dalam melawan penjajah

      Delete
  2. saya Firyal Alvivah, ingin bertanya kepada Alexandros. apa yang membuat para pengikut nya percaya bahwa meisanisme itu benar? dan apa yang dikatakan oleh para pendiri nya untuk membujuk agar orang orang pada saat itu tertarik gabung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Firyal, saya akan menjawab pertanyaan dari anda.

      Bangsa Indonesia sangat menderita dan tidak berdaya pada zaman penjajahan Belanda, ketika ada 1 orang yang dapat mengalahkan Belanda, Bangsa Indonesia berpikir bahwa orang itu menggunakan kekuatan gaib dan percaya dengan kekuatan gaib sangat ampuh dalam mengalahkan penjajah dari Belanda

      Pemimpin yang dipercayai adalah jelmaan ratu adil membujuk para pengikutnya dengan janji akan menciptakan zaman keemasan yaitu, zaman tidak adanya peperangan

      Delete
  3. haloo saya safira martiza dari kelompok 5 ingin bertanya, sebelumnya videonya sudah bagus dan suaranya sudah terdengar dengan jelas sehingga membuat saya mudah untuk mengerti. pertanyaan nya adalah untuk alex sandros yaitu tadi alex sudah menjelaskan bahwa ada dampak yang luas dari gerakan gerakan mesianisme, bisakah disebutkan contoh2 dari dampak tersebut? terimakasihh

    ReplyDelete
  4. halo saya raihanna yumna ingin bertanya kepada victoria. mengapa ajaran agama adam/ gerakan samin dapat terus berkembang (secara cepat/mudah) bahkan setelah samin dibuang ke padang, gerakan samin dapat terus berkembang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya Victoria akan menjawab pertanyaan anda, seperti yang sudah saya jelaskan didalam video bahwa penerus penyebar ajaran samin adalah para muridnya. Namun, disamping itu juga ada faktor lain yaitu pada saat itu pajak yang diterapkan oleh pemerintah kolonial semakin tinggi hal itu membuat kaum samin semakin enggan untuk membayar bahkan aksi mereka didukung oleh pemerintah desa setempat. Hal itu membuat pada saat itu gerakan samin mendapat perhatian besar dan terus berkembang.

      Delete
  5. pagi, saya marshadea. terimakasih atas penjelasannya yang menarik. videonya bagus suaranya terdengar jelas dan resolusi gambarnya bagus. saya ingin bertanya pada victoria, pada gerakan samin dijelasakan bahwa petani samin dianggap sebagai ratu adil. mengapa ratu adil diagung agungkan di tengah masyarakat Jawa hingga petani Samin memiliki pengikut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya Victoria akan menjawab pertanyaan anda. Konsep ratu adil di jawa yaitu ratu adil dianggap sebagai satria piningit yang dalam mitologi dikatakan bahwa akan datang seorang pemimpin yang akan menjadi penyelamat, ia akan membawa keadilan dan kesejahteraan bagi masyarakatnya. Hal itu yang membuat seorang yang dianggap ratu adil diagung-agungkan dan memiliki banyak pengikut.

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Halo, saya Evelyna dari Kelompok 4, ingin bertanya kepada Alexandros. Bagaimana awal mula lahirnya aliran mesianisme? Bagaimana aliran tersebut dapat melahirkan dampak bagi kehidupan sosial Indonesia masa kini? Terima kasih

    ReplyDelete
  8. Halo saya Faiza, saya ingin memberikan tanggapan kepada video, videonya telah bagus kualitasnya baik suara maupun gambarnya , serta saya ingin memberikan pertanyaan pada Eusebio, apakah pengaruh sastra Belanda juga berpengaruh pada Seni sastra dari Sastra Indonesia serta sertakan bukti konkretnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu, karena novel karya Douwes Dekker ini dianggap menjadi sastra yang membuka kesadaran nasionalisme/membangkitkan semangat kebangsaan Indonesia. Di di video saya juga berkata bahwa "novelnya menginspirasi pergerakan nasional Indonesia serta sastrawan2 Indonesia, khususnya angkatan Pujangga Baru(1933-1942). Dan pasti lah para sastrawan indonesia itu terpengaruh dengan sastra belanda(Douwes Dekker org belanda kan? Wkkw jdi sabi lah ya dianggap sastra belanda) kalau orang belanda aja bisa sepeduli itu dengan kondisi orang Indonesia, masa org Indonesianya sendiri ga terpengaruh atau terpelatuk utk ikut menyuarakan pikirannya dalam tulisan mereka? Sekian terima kasih

      Delete
  9. halo saya baiquni dari kelompok 4, ingin menanyakan kepada brigitta seperti yg sudah dikatakan tadi pekerja tanah partikelir tidak tahan dengan perbudakan sehingga menyingkir ke kaki gunung salak. pertanyaan saya, mengapa mereka tidak menyingkir ke luar gunung salak padahal tanah partikelir berada di sebelah utara gunung salak/adakah yg menyingkir selain ke tempat kaki gunung salak. makasih

    ReplyDelete
  10. halo saya asha salsabila, ingin bertanya kepada brigitta rosari. Bagaimana sistem gerakan sosial diatas tanah partikelir ini dapat berakhir di indonesia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo makasih ya tanggapannya. Saya akan coba jawab.
      Setelah pemberontakan petani di Ciomas, maka dua tahun kemudian terjadi pemberontakan petani di Banten. Karena peristiwa itu terjadi polemik yang berkepanjangan baik di Hindia Belanda terutama parlemen Belanda yang menyebabkan turunnya Gubernur Jendral Otto Van Rees, sehingga masalah Ciomas pun berhenti begitu saja. Namun, peristiwa ini menjadi alasan bagi para penentang kebijakan tanah partikelir mendesak pemerintahan Hindia Belanda untuk secepatnya mengambil kembali semua tanah-tanah partekelir yang ada di Hindia Belanda. Karena desakan dan pemberontakan inilah lama-kelamaan gerakan sosial diatas tanah partikelir bisa hilang

      Delete
  11. Halo, saya shafana dari kelompok 4. Ingin bertanya kepada brigitta. Tradisi asli seperti apakah yang dirusak dan ditentang pemuka agama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo makasih tanggapannya.
      Menurut sumber yang saya baca, orang-orang Eropa hanya mementingkan duniawi. Mereka senang berfoya-foya tanpa mementingkan agama pada saat itu. Jadi yang dirusak sebenarnya lebih kepada norma asli pribumi dan tradisi keagamaan.

      Delete
  12. Halo saya Alda, saya ingin bertanya untuk Eusebio, adakah dampak dari tulisan-tulisan Mas Marco bagi karya sastra Indonesia saat ini? makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya Genoveva, saya akan membantu jawab tentang dampak dari tulisan Mas Marco bagi karya sastra Indonesia saat ini

      Dampak bagi karya sastra Indonesia saat ini adalah sekarang banyak sastrawan Indonesia yang mengemukakan tulisannya. Selain itu banyak sastrawan Indonesia yang mengirim karyanya ke luar negeri dan dapat sukses di sana. Tandanya, dari tulisan Mas Marco ini sudah berkembangnya kesadaran sastrawan untuk bergerak dalam solidaritas dan kesetaraan sosial di dalam nasional atau luar negeri.

      Delete
  13. Halo, saya naura. Saya ingin memberikan tanggapan untuk videonya. Sudah dibuat dengan menarik namun bagian eusebio terlalu banyak suara sehingga tidak terdengar jelas. Pertanyaannya untuk bio, apa yang memotivasi seorang sastrawan berkarya? Apakah karya tersebut memberikan keuntungan baginya atau hanya sekedar mengekspresikan perasaannya?
    Terima kasih

    Hai, saya Hayyu Sekar. Saya ingin bertanya pada Brigitta, Victoria, dan Alexandros. Apa peran ilmu-ilmu tersebut terhadap kemerdekaan indonesia? Lalu apa korelasi antara kepercayaan tersebut terhadap budaya orang indonesia yang percaya pada hal gaib padahal kini sudah di era modern?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm sebelumnya saya minta maaf utk ketidaknyamanannya dalam menonton video bagian saya karena bising(wajar, di tempat umum). Untuk pertanyaan yang ttg motivasi, ya itu mungkin karena keadaan disekitarnya yang menjadi inspirasi/alasan dia menulis. Dan mengenai keuntungannya, saya yg juga sebagai seniman(anjas) merasa pasti itu menjadi sebuah keuntungan karena disaat seperti itu kita bisa mengeluarkan isi pikiran kita dan menerbitkannya utk dibaca untuk org org lain(seperti kesempatan dalam kesempitan) dan pastinya itu juga utk mengexpresikan pikirannya juga

      Delete
  14. Halo, saya Shanet Isyana. Saya ingin bertanya kepada Victoria yang telah menjelaskan tentang Gerakan Samin dengan cukup rinci. Apakah ajaran samin ini tersebar lebih luas sebelm dia diasingkan atau setelah meninggalnya samin di masa dia diasingkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo shanet, saya deqsha novendra ingin membantu menjawab pertanyaan yang ditujukan buat victoria.

      Persebaran ajaran samin ini terjadi sebelum Samin diasingkan ke Padang, yakni pada 1890. Pada tahun itu pergerakan ajaran samin berkembang di 2 desa hutan kawasan Randublatung, Blora, Jawa Tengah. Gerakan cepat menjalar hingga hampir seluruh Pulau Jawa terkecuali Provinsi Jawa Barat.

      Delete
  15. Halo saya Anissa dari kelompok 3, Materi yang disajikan lengkap. Saya ingin bertanya kepada Brigitta terkait dengan Gerakan sosial di atas tanah partikelir. Atas gerakan tersebut timbul banyak perlawanan seperti di Ciomas dll, apa reaksi dan respon pemerintah kolonial Belanda terhadap perlawanan tersebut? Dan bagaimana sikap Belanda atas kecurangan kecurangan yang terjadi oleh para tuan tanah terhadap para petani penggarap?Terima Kasih

    ReplyDelete
  16. Saya Ari,menurut saya videonya sudah bagus namun suara dari sang penjelas kurang terdengar jelas, saya ingin bertanya, adakah korelasi antara pendidikan dengan lamanya durasi penjajahan oleh belanda , dan kenapa latar belakangnya bisa munculnya kaum terpelajar di Indonesia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya Genoveva, akan membantu menjawab tentang latar belakang munculnya kaum terpelajar di Indonesia.

      Golongan terpelajar di Indonesia muncul karena adanya politik etis dari Belanda yaitu edukasi, emigrasi, dan irigasi.
      Nah, padahal Belanda melakukan kecurangan lagi dengan hanya menggunakan politik etis tsb demi kepentingan Belanda sendiri.
      Untuk EDUKASI, walaupun rakyat pribumi yg menerimanya hanya minoritas, tetapi lahirlah golongan terpelajar yg bisa mendirikan organisasi* modern spt: Taman Siswa, Indische Partijc, dll

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. halo ari, terima kasih atas masukan dan pertanyaannya.

      saya akan menjawab pertanyaan adakah kolerasi antara pendidikan dengan durasi lamanya penjajahan belanda di indonesia.

      Menurut saya ada, karena selama belanda menjajah indonesia 350 tahun, tidak sepenuhnya belanda merampas harta kekayaan SDA maupun SDM Indonesia. Namun, dipertengahan belanda menjajah indonesia, belanda menyadari bahwa bangsa mempunyai hak-hak kemanusiaan. Maka dari itu belanda memberikan imbalan bagi bangsa Indonesia yakni mendirikan sekolah-sekolah belanda di indonesia agar bangsa indonesia berhak mendapatkan pendidikan yang layak

      Delete
  17. halo saya tahta aunillah videonya sudah cukup bagus saya ingin bertanya kepada victoria mengapa muncul desas desus bahwa gerakan samin akan menggulingkan pemerintahan kolonial kemudian samin dan beberapa pengikutnya ditangkap dibawa ke rembang kemudian dibuang kepadang.Mengapa samin dan pengikutnya dibuang ke padang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo tahta, saya deqsha novendra ingin membantu menjawab pertanyaan yang ditujukan buat victoria.

      saya akan menjawab tentang alasan samin beserta pengikutnya diasingkan ke padang.

      Belanda mengasingkan samin dan pengikutnya pada tanggal 8 november 1907 dikarenakan semakin banyak rakyat Indonesia terpengaruh akan ajaran samin dan menjadi pengikutnya. Selain itu banyak rakyat Indonesia sudah tidak tunduk pada Belanda dan mulai melawan. Maka dari itu, untuk menghindari semakin banyaknya rakyat Indonesia menjadi pengikut ajaran samin, pemerintah kolonial Belanda mengasingkan Samin ke Padang hingga Samin wafat pada tahun 1914.

      Delete
    2. Saya Victoria, akan menjawab pertanyaan mengapa muncul desas desus gerakan samin akan menggulingkan pemerintahan kolonial

      Jadi, hal itu merupakan isu yang disebarkan oleh kontrolir belanda yang mengatakan bahwa akan adanya pemberontakan samin dan pengikutnya. Isu tersebut didasarkan pada alasan bahwa Samin dan pengikutnya berkumpul di desa Kedungtuban untuk menghadiri acara selametan. Dengan rencana berkumpulnya begitu banyak pengikut Samin, penerintah Belanda merasa khawatir terhadap kemungkinan adanya perlawanan.

      Delete
  18. Saya salsa khusnus dari kelompok 6 ingin bertanya kepada victoria. Mengapa gerakan samin dapat dengan mudah tersebar hingga memiliki 5000 pengikut pada tahun 1907?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya Genoveva dan saya akan membantu menjawab pertanyaan ini

      Tahun 1890, Samin Surosentiko mulai mengembangkan ajarannya di daerah Klopoduwur, Blora. Banyak penduduk desa sekitar yang tertarik dengan ajarannya dan dalam waktu singkat menjadi pengikutnya. Saat itu, pemerintah Kolonial Belanda masih membiarkan ajaran Samin yang mereka anggap sebagai aliran kebatinan biasa dan tidak berbahaya bagi keberadaan pemerintah kolonial. Tahun 1903, Residen Rembang mencatat jumlah pengikut Samin yang tersebar di 34 Desa di Blora bagian selatan dan daerah Bojonegoro berjumlah 722 orang. Mereka sangat giat mengembangkan ajaran Samin sehingga pada tahun 1907, jumlah orang Samin bertambah menjadi sekitar 5.000 orang.

      Delete
  19. Swadee,halo saya Dimma Habsyi absen 10 dri kelompok 2. Presentasi video yang disajikan sudah baik dan rinci. Thx. Lalu saya juga ingin bertanya kepada Victoria yg menjelaskan tentang gerakan Samin. Pada video presentasi disebutkan bahwa faktor munculnya gerakan samin adlh ketidaktahuan masyarakat trhd peraturan2 pemerintah kolonial. Lalu wilayah penyebaran nya ada pd Blora, pantai utara jawa dan juga ke peg. Kendeng. Pertanyaan saya, selain faktor peraturan2 kolonial yg menyebabkan gerakan samin muncul, adakah faktor lain jika dilihat dari topografi wilayah penyebaran ajaran samin ini. Jika ada, apa sebab yang mendukung hal tsb? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya Victoria akan menjawab pertanyaan anda. Menurut sumber yang saya baca pada tahun 1917 seorang bernama Jasper yang merupakan pengamat gerakan samin mengatakan bahwa persebaran masyarakat samin dilatarbelakangin oleh faktor ekonomi. Di dalam sumber yang saya baca tersebut tidak dijelaskan bagaimana faktor topografi mempengaruhi permunculan dan persebaran gerakan samin ini.

      Delete
  20. Halo saya Galuh saya ingin bertanya kepada Brigitta RD. Saya masi kurang paham mengapa Gubernur Jendral Otto van Rees diturunkan? Lalu mengapa masalah ciomas berhenti begitu saja? Terimakasih💕

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya Genoveva, dan saya akan membantu menjawab pertanyaan ini.

      Perlawanan secara langsung diawali dengan pemberontakkan pada tanggal 22 februari 1886, ketika camat Ciomas, H. Abdurrachim dibunuh. Dan pada bulan Februari pun, Arpan dan kawan-kawannya mundur ke Pasir Paok dan disana mereka menolak menyerahkan diri ke pemerintahan colonial. Pada bulan sebelumnya pun Mohammad Idris telah mengundurkan diri ke Gunung Salak.  Pada tanggal 19 Mei 1886, sesuai dengan rencana semula Idris dan pengikutnya berhasil menduduki Ciomas bagian Selatan. Tanggal 20 Mei 1886, beberapa pengikut Mohammad Idris langsung melampiaskan kekesalan menyerang agen-agen tuan tanah secara membabi buta setelah acara perayaan sedekah bumi itu berakhir. Dari Laporan diketahui sejumlah 40 orang mati dibunuh, dan 70 orang lainnya luka-luka. 

      Setelah pemberontakan petani di Ciomas, maka dua tahun kemudian terjadi pemberontakan petani di Banten. Karena peristiwa itu terjadi polemik yang berkepanjangan baik di Hindia Belanda terutama parlemen Belanda yang menyebabkan turunnya Gubernur Jendral Otto Van Rees, sehingga masalah Ciomas pun berhenti begitu saja. 

      Delete
  21. Halo saya adani nurahadrina
    Saya ingin bertanya kepada victoria
    Apa dampak gerakan samin bagi pemerintah colonial? Dan apakah misi dari gerakan samin untuk membuat pemerintahan sendiri terwujud? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo adani, saya victoria akan menjawab pertanyaan anda

      Pertama, dampak gerakan samin bagi pemerintah kolonial adalah peneribtah kolonial merasa rugi karena dalam gerakan samin diajarkan untuk menolak kapitalisme yang membuat masyarakat samin diajarkan untuk menolak membayar pajak,hal itu menyebabkan kas pemerintah kolonial semakin menipis.

      Kedua, sebenarnya misi pendirian pemerintahan sendiri oleh gerakan samin hanyalah isu belaka yang disebarkan oleh kontrolir belanda, hal itu didasari alasan bahwa samin dan pengikutnya berkumpul di desa Kedungtuban untuk menghadiri acara selametan. Pemerintah Belanda merasa khawatir terhadap adanya kemungkinan adanya perlawanan.

      Delete
  22. Halo, saya Farisa (13) dari kelompok 1. Menurut saya videonya sdh cukup baik, resolusi gambar dan kualitas suaranya jg bagus sehingga saya mudah memahami materi yang disampaikan.

    Saya ingin bertanya ke alexandrose, menurut sumber yang saya baca, tidak hanya agama Islam saja yang mengenal konsep Mesianisme ini tetapi agama lain seperti Yahudi, Kristen juga mengenal konsep yang sama. Pertanyaan saya, adakah persamaan dan perbedaan konsep Mesianisme dalam ajaran Islam, Yahudi, dan Kristen? Terima kasih.

    ReplyDelete
  23. Saya Khotima, disini saya akan bertanya kepada Brigitta RD. Di dalam video dijelaskan bahwa pengaruh kehidupan eropa ditentang oleh banyak orang khususnya para pemimpin agama. Mengapa para pemimpin agama menentang hal tersebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo terimakasih pertanyaannya :)
      Tradisi Eropa ditentang karena tidak sesuai dgn ajaran-ajaran agama, khususnya agama Islam. Tradisi Eropa terlalu terbuka dan kurang mematuhi aturan agama. Selain itu tradisi Eropa pun membuat tradisi asli pribumi menjadi tenggelam

      Delete
  24. Halo, saya Tsabita. Terimakasih atas videonya yang sangat bermanfaat. Saya ingin memberi pertanyaan kepada Brigitta, disebutkan bahwa Belanda memberi hadiah tanah kepada perseorangan/swasta, nah siapakah org2 tsb? Apa faktor Belanda utk memberikan tanah tsb secara cuma2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo terimakasih pertanyaannya :)
      Pada awal kekuasaan VOC tanah tadi dihadiahkan kepada penanggung jawab kententraman dan keamanan di sekitar daerah Batavia dan Bogor, sedangkan sebagian kecil ada yang diberikan kepada kepala – kepala pribumi. Jadi sebenarnya itu semacam bentuk apresiasi. Dan tidak semua tanah dihadiahkan, melainkan ada juga yg diperjualbelikan

      Delete
  25. Halo nama saya Nabila disini saya ingin bertanya kepada Genoveva. Dijelaskan kalau sistem pendidikan Indonesia pada zaman Belanda, masyarakat Indonesia dijauhkan dari sikap berpikir kritis dan kreatif. Kemudian dijelaskan pula bahwa pendidikan pada zaman tersebut bertujuan untuk menggali bakat siswa dengan memberikan pelajaran yang dapat menunjang hal-hal tsb. Dengan merdekanya Indonesia, tentu disini masyarakat berharap adanya perubahan mengenai sistem pendidikan. Namun pada kenyataannya, dengan sistem pendidikan sekarang, pelajar masih digolongkan menjadi satu kategori yang sama. Pelajar dituntut untuk menguasai segala jenis bidang pelajaran. Padahal, masing-masing individu memiliki kemampuannya tersendiri. Waktu itu saya pernah melihat sebuah kata-kata bijak yang bertuliskan "Semua orang itu jenius. Tapi, bila kamu menilai seekor ikan dengan kemampuannya dalam memanjat pohon, dia akan selamanya percaya kalau dia bodoh". Inilah maksud saya. Kemudian
    bila dibandingkan dengan sistem pendidikan Amerika, terlihat kesenjangannya. Dimana mereka membiarkan pelajar bebas memilih mata pelajaran yang mereka sukai dan dirasa perlu, sebagai bekal untuk pekerjaannya sehingga pelajar dapat berkembang sesuai minat dan bakat. Itulah pendapat saya. Menurut Genoveva, sebagai murid, apa pandangan Genoveva terhadap sistem pendidikan Indonesia sekarang ini dan selaku murid serta pemerintah, apa yang dapat dilakukan dalam membenahi sistem pendidikan Indonesia? Terima kasih Genoveva.. Lalu, video sudah cukup baik tapi pada bagian Eusebio, suara sedikit menggema dan pengambilan video pada bagian Genoveva kurang stabil, masih sedikit goyang-goyang. Selebihnya sudah bagus.. Terima kasih.. Videonya sangat menambah wawasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Nabila atas tanggapan dan pertanyaan kepada saya. Sebelum saya menjawab pertanyaan anda, saya akan menjelaskan tentang masalah-masalah yang sedang terjadi di dalam pendidikan di Indonesia ini.
      1. Rendahnya pemerataan kesempatan belajar (equity) disertai banyaknya peserta didik yang putus sekolah, serta banyaknya lulusan yang tidak melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Hal ini identik dengan ciri-ciri kemiskinan.
      2. Rendahnya mutu akademik terutama penguasaan ilmu pengetahuan alam (IPA), matematika, serta bahasa terutama bahasa inggris padahal penguasaan materi tersebut merupakan kunci dalam menguasai dan mengembangkan iptek.
      3. Rendahnya efisiensi internal karena lamanya masa studi melampaui waktu standart yang sudah ditentukan.
      4. Rendahnya efisiensi eksternal sistem pendidikan yang disebut dengan relevansi pendidikan, yang menyebabkan terjadinya pengangguran tenaga terdidik yang cenderung terus meningkat. Secara empiris kecenderungan meningkatnya pengangguran tenaga terdidik disebabkan oleh perkembangan dunia usaha yang masih di dominasi oleh pengusaha besar yang jumlahnya terbatas dan sangat mengutamakan efisiensi (padat modal dan padat teknologi). 
      5. Terjadi kecenderungan menurunnya akhlak dan moral yang menyebabkan lunturnya tanggung jawab dan kesetiakawanan sosial, seperti terjadinya tawuran pelajar dan kenakalan remaja. Dalam hal ini pendidikan agama menjadi sangat penting menjadi landasan akhlak dan moral serta budi pekerti yang luhur perlu diberikan kepada peserta didik sejak dini. 

      Menurut pandangan saya sistem pendidikan di Indonesia sudah mulai mengikuti perkembangan dunia saat ini walaupun belum benar-benar mirip dengan pendidikan di Luar Negeri. Dapat diambil contoh sekarang ini kita sebagai murid sudah dituntut untuk melek teknologi sejak dini, serta kita dapat mengembangkan kemampuan kita melalui ekstrakulikuler yang disediakan di sekolah. Pendidikan di Indonesia memang tidak membebaskan kita untuk mempelajari pelajaran yang kita sukai seperti di Amerika, tentu saja Pemerintah membuat itu dengan tujuan. Apa tujuannya? Tujuannya adalah membuat kita dapat memahami semua pelajaran yang memang kita butuhkan. Dan di jenjang yang lebih tinggi yaitu kuliah, kita dapat menentukan jurusan yang memang kita ingin pelajari lebih lanjut di dalam mata pelajaran tersebut.

      Delete
    2. Sebagai Pemerintah, yang dapat dilakukan untuk membenahi sistem pendidikan di Indonesia adalah
      1. Pemerintah dapat terlebih dahulu membenahi pemerataan pendidikan
      = Masalah pemerataan pendidikan adalah persoalan bagaiman sistem pendidikan dapat menyediakan kesempatan yang seluas-luasnya kepada seluruh warga Negara untuk memperoleh pendidikan, sehingga pendidikan itu menjadi wahana bagi pembanguana sumber daya manusia untuk menunjang pembangunan. Masalah pemerataan pendidikan timbul apabila masih banyak warga Negara khususnya anak usia sekolah yang tidak dapat di tampung dalam sistem atau lembaga pendidikan karena kurangnya fasilita pendidikan yang tersedia. Pada masa awalnya, di tanah air kita Undang-Undang No 4 tahun 1950 sebagai dasar-dasar pendidikan dan pengajaran di sekolah.
      2. Membenahi masalah mutu pendidikan
      = Mutu pendidikan dipermasalahkan jika hasil pendidikan belum mencapai taraf seperti yang diharapkan. Penetapan mutu hasil pendidikan pertama dilakukan oleh lembaga penghasil sebagai produsen tenagan terhadap calon luaran, dengan sistem sertifikasi. Selanjutnya jika luaran tesebut terjun kelapangan kerja penilaian dilakukan oleh lembaga pemakai sebagai konsumen tenaga dengan sistem tes unjuk kerja. Lazimnya masih dilakukan pelatihan dan pemagangan bagi calon untuk penyesuaian dengan tuntutan persyaratan kerja dilapangan, dan berkarya.
      3. Memperbaiki masalah efisiensi pendidikan
      = Pada hakikatnya masalah efisiensi adalah masalah pengelolaan pendidikan, terutama dalam pemanfaatan dana dan sumber daya manusia. Sistem pendidikan yang efesien ialah dengan tenaga dan dana yang terbatas dapat di hasilkan sejumlah besar lulusan yang berkualitas tinggi. Para ahli banyak mengatakan bahwa sistem pendidiakn sekarang ini masih kurang efisien. Hal ini tampak dari banyaknya anak yang drop-out, banyak anak yang belum dapat pelayanan pendidikan, banyak anak yang tinggal kelas, dan kurang dapat pelayanan yang semestinya bagi anak-anak yang lemah maupun yang luar biasa cerdas dan genius.

      Delete
    3. Sebagai murid, hal yang dapat saya benahi dalam sistem pendidikan Indonesia adalah
      1. Berusaha menghilangkan labelling di lingkungan sekitar siswa. Contoh = jika terdapat anak sebagai peringkat pertama di kelas, kita selalu menganggap bahwa anak itu memang jenius, tetapi bagaimana dengan anak yang mempunyai peringkat terbawah, banyak yang akan menganggap mereka adalah anak yang bodoh atau malas. Padahal pada nyatanya semua anak diberi kepintaran yang sama.
      Sekiranya segitu saja yang dapat saya jelaskan pada saat ini. Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan. Terimakasih

      Delete
  26. Halo, nama saya Maharani. Pertama, saya ingin memberikan tanggapan terhadap video kelompok ini. Videonya cukup bagus dan mudah dipahami. Kedua, saya ingin bertanya kepada Deqsha. Apa penyebab Belanda mencabut undang-undang yang berisikan perintah untuk mencabut organisasi-organisasi liar di Indonesia? Apa hanya disebabkan pemberontakan Ki Hajar Dewantara semata atau ada penyebab lain? Serta tolong dijelaskan secara lebih rinci mengenai pemberontakan tsb. Terimakasih.

    ReplyDelete